Beralih Bekerja dari Rumah



Memasuki bulan ketiga masa bekerja dari rumah (working-from-home – WFH), nampaknya hampir sebagian besar karyawan mulai terbiasa dengan norma baru saat ini. Bebas dari kemacetan jalan dan fleksinilitas untuk membagi waktu dengan pekerjaan rumah menjadi alasan banyak orang enggan meninggalkan norma baru WFH.  Meskipun new norma disebut-sebut akan segera diberlakukan oleh pemerintah pada awal Juni 2020 ini, namun WFH akan tetap berlanjut, mengingat protokol kesehatan yang harus diterapkan perusahaan seperti anjuran Kementerian Kesehatan. Salah satunya adalah menjaga jarak antar karyawan serta memberlakukan sistem kerja shift. Beberapa perusahaan besar bahkan mengindikasikan wfh atau bekerja jarak jauh (remote working) sebagai kebijakan permanen di masa mendatang.

Menurut studi global yang dilakukan Forrester Cosulting mewakili Lenovo pada 6-12 Maret 2020 berjudul Workplace Transformation, menyebutkan 77% dari karyawan merasa bahwa perusahaan akan menjadi lebih terbuka bahkan mendorong karyawan untuk bekerja dari rumah saat periode pandemi ini telah dilalui. 

Studi yang sama juga menyebutkan bahwa karyawan merasa setidaknya siap untuk beralih bekerja dari rumah jika diperlukan (87%), yang menjadi skenario yang mungkin terjadi karena sebagian besar perusahaan telah mendorong (46%) atau mengharuskan (26%) untuk bekerja jarak jauh sejak pandemi berkembang secara global.

Namun tak dipungkiri, untuk bisa tetap bekerja secara nyaman dan produktif dalam norma kerja jarak jauh atau wfh, ada berbagai cara yang perlu dipersiapkan. Pemilihan tempat kerja menjadi salah satu faktor penentu. Akses terhadap berbagai teknologi cerdas dan perangkat pintar, seperti desktop dan laptop, juga memungkinkan pekerja untuk tetap terhubung dan bekerja efektif dari mana saja, selayaknya bekerja dari kantor.


Kecanggihan dan keterjangkauan teknologi perangkat pintar telah terbukti sangat mendukung perusahaan di seluruh dunia untuk mengadopsi kebijakan WFH. “Penggunaan teknologi cerdas yang diperkuat dengan perangkat kolaborasi akan membantu memastikan setiap orang untuk bekerja secara efektif dan efisien untuk berhasil hari ini dan di masa depan, di mana bekerja jarak jauh akan menjadi norma baru. Di Lenovo, kami menawarkan teknologi pintar untuk setiap segmen, dari profesional muda hingga mereka yang membutuhkan perangkat yang lebih canggih untuk tetap produktif dan terhubung,” ujar Budi Janto, General Manager Lenovo Indonesia.




Posting Komentar

0 Komentar